Friday, April 14, 2006

ini aku waktu rihlah di wisata guci - tegal jawa tengah.
click in here banten student training instituttion
click in here sekolah alam jakarta

click in here : http:banten student training

RUU APP & BISNIS OGRAFI

(Tulisan pernah dimuat di Harian Fajar Banten, Edisi 18 Maret 2006)

Sampai detik ini pro kontra seputar Rancangan Undang - undang ografi dan oaksi masih terus ramai dibicarakan. Namun demikian DPR tetap akan meneruskan rumusan RUU APP tersebut. Tekad DPR untuk terus melanjutkan RUU tersebut yang nantinya akan menjadi Undang - undang lebih dilandasi oleh rasa tanggung jawab akan masa depan anak bangsa yang kian hari - kian mengalami pembusukan prilaku generasi muda. Sedikit kritikan untuk bagian terkecil masyarakat yang menolak, yang beranggapan bahwa RUU APP tersebut akan mendiskriminasi kaum hawa dan memancing perpecahan rakyat Indonesia, adalah sangat tidak beralasan. Penulis melihat disini bahwa mereka tidak mengamati secara jeli tentang RUU tersebut dan tidak menggunakan hati nurani mereka. Bagaimana mungkin RUU tersebut mendiskriminasi kaum hawa sedangkan disana disebutkan dengan sangat jelas bahwa undang - undang tersebut bukan hanya diberlakukan untuk kaum hawa saja, akan tetapi undang - undang itu dibuat untuk semua jenis kelamin. Penulis melihat tentang adanya hingar bingar aksi penolakan RUU APP adalah skenario global sekolompok yang menginginkan agar Indonesia semakin hancur dengan meracuni generasi muda dengan ografi dan oaksi. Sudah banyak kasus yang kita saksikan baik dimedia cetak maupun di media elektronik dimana kasus pelecehan seksual itu diakibatkan maraknya tontonan yang berbau ografi dan oaksi. Mereka kelompok yang menolak sengaja merekayasa isyu RUU APP menjadi isyu agama, karena isyu inilah yang sensitif sehingga mereka menolak RUU APP lantaran akan membawa negara Indonesia menjadi negara Arab, demikian yang dikatakan oleh Goenawan Muhammad seorang budayawan terkenal dalam sebuah artikelnya di Koran Tempo, Alasan selanjutnya, dikatakan oleh kelompok yang menolak bahwa RUU APP bertentangan dengan adat istiadat di Bali dan Papua karena pakaian adatnya tidak menutup aurat secara sempurna. Padahal pada diskursus soal ografi mereka tidak masuk kategori. Dan terakhir adalah alasan mereka menolak RUU APP adalah RUU APP tersebut dianggap oleh mereka mengekang dan membatasi peran seni dan budaya di Indonesia. Padahal mereka sendiri yang sebetulnya membatasi tentang makna seni itu sendiri, seolah - olah seni itu hanya sebatas menontonkan dan menonjolkan kebagusan tubunya bukan lebih kepada substansi seni itu sendiri.

Sekenario Menyesatkan di Balik Penolakan RUU APP

Pada akhir - akhir ini sering kita melihat para publik figur sedikit demi sedikit kini sedang menuju ke jalan yang benar. Mereka kini sudah "berani" untuk berpenampilan unik dibandingkan hari - harinya yang tempo dulu. Kita lihat aktris ternama Ineke Koesherawati, Cici Tegal, Maudy Koesnady dan masih ada lagi, walaupun jumlah ini masih relatif kalah dengan orang - orang yang terus membombastis generasi muda dengan ografi, tapi setidaknya memberikan apresiasi tersendiri bagi generasi muda khususnya kalangan aktris yang kerap kali dijadikan tiruan mulai dari a hidup, busana dan lain sebagainya. Belum lagi tentang maraknya musik alternatif seperti Nasyid yang kini mayarakat sudah tidak asing lagi plus munculnya dai-dai muda yang masyarakat lebih cepat menerima nasehatnya. Nah, kondisi seperti ini adalah ancaman bagi orang - orang yang tetap menginginkan Indonesia dalam kebodohan dan keterpurukan, dimana mereka yang sudah menemukan hidayah akan dapat mempengaruhi perilaku anak bangsa agar senantiasa mengedapankan moral. Sekali lagi ini ancaman bagi mereka, karena mereka merasa pangsa pasarnya sedikit demi sedikit diambil alih dan ini ancaman bagi bisnis mereka. Akhirnya mereka membuat skenario global bahwa RUU APP ini harus dihadang. Mereka terus melakukan gerilya dengan menggunakan pendekatan ke tokoh - tokoh yang mereka anggap bisa bekerjasama untuk mendukungnya, didekatilah tokoh seperti Akbar Tanjung, Megawati dan tokoh seni lainnya, disamping itu pula mereka segera merapat kemedia, tindakan selanjutnya adalah mereka segera melakukan aksi protes terhadap RUU APP dengan menggunakan moment seperti hari Perempuan sedunia, dan ternyata ada beberapa mediapun menyambutnya dengan begitu antusias karena beberapa mediapun memiliki kepentingan. Lalu mereka munculkan opini yang mengesankan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia menolak RUU APP tersebut. Padahal secara fakta, seperti yang diungkapkan oleh Ketua Pansus RUU APP Balkan Kaplale dari 167 organisasi dan elemen masyarakat diantaranya 144 organisasi mendukung pembahasan RUU APP yang tak setuju hanya sekitar 23 organisasi artinya hanya 10% yang tidak setuju. Kepanikan para pebisnis ografi menjadikan mereka jadi tidak berfikir logis, yang pada akhirnya mereka membabi buta membuat logika - logika penolakan, seperti pernyataan bahwa RUU APP adalah upaya menjadikan Indonesia menjadi negara Arab, dan lebih lanjut mereka katakan bahwa RUU APP hanya sebagai batu loncatan menuju ke Syariat Islam dan yang lebih parah lagi mereka katakan bahwa RUU APP jelas akan membawa dampak penurunan pendapatan pada aspek Pariwisata, padahal Menteri Pariwisata sendiri setuju dengan adanya RUU APP. Nampaknya mereka akan terus mengupayakan agar RUU APP tersebut dijadikan undang - undang, karena menurut mereka kalau sampai RUU APP ini dijadikan undang - undang maka mereka beranggapan habislah lahan pendapatan mereka, sebab peluang terbesar menurut mereka adalah penjualan ografi di Indonesia. Belum lagi kalau kita lihat negara - negara yang memahami betul bahwa kalau kemudian hari bangsa Indonesia memiliki aset yaitu anak bangsa yang produktif dengan bingkaian prilaku yang ketimuran, maka kelak bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuta dan mampu mandiri. Kondisi ini sudah bisa dtangkap sejak lama oleh negara - negara sekuler seperti Amerika dan kroninya.Mereka memahami betul bahwa kebangkrutan negara Indonesia bukan semata - mata karena faktor ekonomi akan tetapi yang lebih mendasar adalah karena generasi muda kita tidak PD dengan budaya ketimurannya sendiri. Sehingga kita lebih banyak mengambil contoh - contoh budaya barat yang notebene bukan malah akan memajukan akan tetapi justru akan menghacurkan bangsa Indonesia. Mereka juga memahami betul bahwa korupsi yang terjadi sekarang ini yang dilakukan para elit - elit tidak bisa lepas dari masa mudanya para elit tersebut, yang kerap kali disuguhi tonotnan ografi dan oaksi.

Peran Media dalam RUU APP

Skenario global mereka cukup berhasil, karena didukung oleh media, baik media cetak maupun elektronik. cob akita saksikan di layar kaca, hampir semua tontonan yang setiap hari ditayangkan selalu lebih menonjolkan aurat, celakanya lagi, mereka sengaja memanjer jam tayangnya adalah ketika anak - anak atau generasi muda bisa melihat acara tersebut, inilah yang mereka sebut pangsa pasar tanpa mengindahkan dampak dan efek yang akan terjadi baik secara individu lebih - lebih dampaik secara nasional yang merosotnya nilai - nilai ketimuran dan hilangnya budaya malu. Saat ini memang bisnis pronografi sanagt menggiurkan karena kalau dapat memikat hati konsumen mereka akan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Perdagangan malah o atau sering kita sebut majalah esek - esek, VCD o, situs o. dalam sebuah penelitian dari pengguna internet dari 100% pengguna internet hanya 5 % yang mampu bertahan untuk tidak membuka situs o, masih hasil penelitian , bahwa tayang televisi 75% adalah menampilkan aurat wanita. Media - media sangat berperan dalam meramaikan ografi.Walaupun sudah ada undang - undang No.32 tahun 2002 tentang Penyiaran tugas dan kewajiban Komisi Penyiaran diantaranya menjamin masyarakat mendapatkan informasi yang layak, ternyata dalam kurun waktu 3 tahun sejak diberlakukanya undang - undang tersebut terjadi 62 pelaporan pelanggaran. Coba kita lihat, dengan adanya undang - undang saja mereka tidak jera apatah lagi kalau tidak aturan yang formal, jelas - jelas akan lebih parah lagi.


Solusi yang harus kita lakukan

Mengingat pentingnya akan sebuah aturan dan undang - undang ografi dan oaksi, maka seyoganya kita semua elemen bangsa dengan lintas agama dan suku untuk turun serta melakukan aksi dukungan terhadap Rancangan Undang - undang Anti ografi dan oaksi yang akan disahkan sekitar bulan Juni 2006 nanti. Sebab, fakta setelah pansus mengadakan hearing dengan berbagai lintas agama, dan ternyata mereka sangat mendukung RUU APP karena dianggap telah meracuni generasi muda sebagai tonggak peneru estafeta kepemimpinan bangsa Indonesia, kalau kemudian calon pemimpin negeri yang kaya raya ini dicekoki oleh adegan ografi maka kelak mereka akan menjadi pemimpin yang tidak produktif. kondisi seperti ini tidak boleh kita biarkan, saat ini juga kita harus bahu membahu untuk menyelamatkan negeri ini dari dekadensi moral anak bangsa. Kedua, terus memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat bahwa RUU APP tidakla membatasi seni, tidaklah mendiskrimansikan kaum hawa, tidak mengurangi pendapatan khususnya Pariwisata, akan tetapi justru akan memberikan dan mengangkat derajat nilai seni yang selama ini telah keluar dari jalur yang sesungguhnya dari makan seni itu sendiri. Dengan RUU APP itu sendiri kaum hawapun akan mendapatkan poisisi yang terhormat dan yang lebih penting lagi adalah dengan disahkannya RUU APP maka kita berarti ikut andil dalam upaya penyelematan anak bangsa dari kemrosotan moralitas anak - anak kita. Ketiga, agaknya menjadi keniscayaan untuk kita orang - orang yang peduli akan generasi muda bangsa untuk merapatkan barisan guna membuat tontonan leternatif yang layak dan baik untuk dikonsumsi oleh kalangan anak muda dengan kemasan yang menarik bagi mereka, sehingga dengan demikian mereka anak - anak muda akan bergeser dari kecintaan terhadap sesuatu tontotnan yang tidak bermanfaat menjadi tertarik dengan tontonana yang berkualits sehingga, dengan demikian mereka orang - orang yang membuat tontonan mesum dengan sendirinya akan lesu karena bisnisnya sedikit demi sedikti ditinggalkan konsumen potensialnya. Akhirnya penulis mengucapkan kepada Pansus DPR RI untuk segera mengesahkan RUU APP menjadi sebuah undang - undang dengan demikian semua rakyat tersebut terikat dan wajib mematuhi undang - undang tersebut. Sebab konon negara seperti Amerika Serikat saja yang kita kenal Liberal pun memiliki aturan dan undang - undang Antipornografi.http://www.fpks-dpr.or.id

PARTISIPASI POLITIK KAUM PEREMPUAN

(Tulisan ini pernah dimuat di harian Fajar Banten, Edisi 28 Maret 2006)

Untuk melakukan sebuah perubahan yang besar bagi kemajuan suatu bangsa dan peradaban, pertama - tama yang mesti harus dilakukan adalah Paradigma Berfikir orang yang akan melakukan perubahan tersebut, sebab mustahil suatu kaum akan dapat melakukan perubahan manakala pola fikir dan cara pandangnya masih bermasalah, sehingga upaya perubahan paradigma ini adalah sebuah keniscayaan, yah sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh si perubah itu sendiri, begitu juga yang menyangkut kaum perempuan, ketika mereka ingin melakukan perubahan baik yang menyangkut langsung dengan isyu - isyu keperempuan ataupun isyu - siyu secara global, maka mereka harus merubah paradigma berfikir mereka. Sejauh mana sih urgensi perubahan paradigma berfikir dalam upaya perubahan..?

Pada pertemuan bertempat di New Delhi, India pada bulan Maret 1999 yang mengambil tema ‘ Partisipasi Politik Perempuan" yang disponsori oleh UNDP (United Nation Develpoment Programme) sebuah lembaga PBB yang memiliki jaringan 166 negara itu melaporkan bahwa ada kemajuan berkaitan dengan partisipasi kaum perempuan semenjak Program Aksi Beijing beberapa tahun yang lalu, dimana sebagai eksperimen India dengan amandemen konstitusinya yang mewajibkan sepertiga kursi wakil pemerintahan lokal untuk kaum perempuan demikian dikatakan oleh Mark Malloch Brown. Ada sebuah kata yang menjadi catatan penting di sini yaitu, kemajuan yang dilakukan oleh kaum perempuan. Ini mengundang tanda tanya besar kemajuan apa yang sudah dilakukan kaum perempuan....?. Bukankah selama ini kerapkali kita sering mendengar traveking atau perdagangan kaum perempuan yang sampai sekarang masih terdengar nyaring, dalam konteks Indonesia, kita juga masih diprihatinkan dengan tradisi pengiriman Tenaga Kerja Wanita yang notebene mereka diperbantukan sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) sampai kemudian muncul banyak kasus yang sangat menguatkan bahwa posisi kaum perempuan masih mendapatkan posisi yang selalu tidak beruntung, apakah kondisi ini kehendak kaum perempuan itu sendiri atau memang ada sesuatu yang harus dirombak oleh kaum perempuan yaitu paradigma berfikir yang masih sempit, atau kondisi seperti ini hanya terjadi di negara kita Indonesia. Menurut Data Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia dari tahun 2001 - 2004 tercatat sebanyak 2.451 kasus, 2.150 kasus, 2.112 kasus dan 2.158 kasus padahal Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan telah mengeluarkan undang - undang No.13 tahun 2003 disana tertera bahwa pemerintah melarang penempatan tenaga kerja dibawah usia 18 tahun, lebih menguak lagi data di Departemen Ketenagakerjaan jumlah TKI perempuan yang telah ditempatkan di luar negeri dari tahun 2001 - 2004 berjumlah 1.047.130 atau 77.1 % dari 1.357.703 jumlah keseluruhan dan didominasi oleh kaum perempuan, data ini diperkuat dengan temuan dari Depnaker data tahun 2003 menunjukan sebanyak 54% perempuan Indonesia yang bekerja di luar negeri hanya lulus SD, 19% lulus SMP dan 27% lulus SMA, hal ini tidak menjadi masalah manakala kondisi tempat kerja mereka kondusif serta layak, akan tetapi pada kenyataannya tidaklah demikian, umumnya yang terjadi terhadap mereka adalah bekerja pada kondisi kerja yang buruk, dipaksa bekerja dengan jam kerja yang tidak teratur melebihi batas kerja dengan upah yang dibawah standar, belum lagi mereka sering ditempatkan pada posisi kerja yang tidak sesuai dengan kontrak kerja, dan sering mereka rentan dengan tindak kekerasan, ekspolitasi, pelecehan seksual bahkan kematian sementara tidak ada jaminan dari negera untuk melindungi mereka. muncul lagi pertanyaan, lantas kemana peran perempuan selama ini..?. ketidakadilan yang dialami kaum perempuan masih ramai harusnya ini menjadi fokus pemikiran kaum perempuan itu sendiri, sebagai contoh yang diungkapkan UNDP perwakilan Indonesia sekitar 64% dari orang dewasa yang buta huruf adalah perempuan. khusus peran kaum perempuan di lembaga legislatif di Indonesia kini sudah ada amanat undang - undang baru yaitu naik sekian persen, akan tetapi pada aplikasinya masih belum optimal. terkadang kaum perempuan masih dilihat sebelah mata, artinya mereka hanya dijadikan obyek untuk memenuhi kuota partai politik agar partai tersebut dikatakan peduli akan kaum perempuan, lalu apa yang sedang terjadi pada kaum perempuan, sehingga demikian ruceknya persoalan mereka sendiri, itu semua bermula dari cara pandang kaum perempuan memandang dirinya sendiri, masih banyak kita temukan dikalangan mereka yang hanya siap dijadikan obyek tanpa upaya untuk bangkit dari semua kondisi buruk tersebut. Perubahan Paradigma inilah yang harus segera dilakukan oleh mereka sehingga mereka akan bangkit untuk memposisikan mereka sebagaimana posisi yang seharusnya.

Kesadaran Politik Kaum Perempuan

Pemahaman yang reduktif tentang peran perempuan dalam politik agaknya sudah mengalami perubahan, hal ini dapat dilihat keterlibatan perempuan dalam kancah perpolitikan khususnya di Indonesia. Itulah mungkin dampak perubahan paradigma berfikir, bahwa posisi wanita dengan kaum laki - laki adalah sebagai partner bukan atasan dan bawahan, sehingga paradigma ini mampu menghentakan para kaum perempuan untuk lebih optimal dalam mengaktualisasikan potensi yang mereka miliki. Kesadaran ini penting dikalangan perempuan agar mereka tidak menjadi korban mobilisasi politik oleh partai - partai penguasa yang memaksakan kehendaknya. Dengan adanya kesadaran ini kaum perempuan akan lebih optimal dalam memainkan peran yang semestinya dimainkan bukan atas dasar paksaan ataupun keterpaksaan. Dalam tatanan sosial yang kian hari kian memburamkan potret wajah negeri ini membuktikan bahwa keterlibatan politik kaum perempuan yang didasarkan atas dasar kesadaran ini sangatlah urgen, sehingga sedikit demi sedikit namun pasti perubahan kearah yang lebih baik dapat dilakukan. Kesadaran inilah yang harus senantiasa dipupuk dan terus ditanamkan kepada mayoritas kaum perempuan, dengan harapan mereka akan lebih leluasa dalam ikut andil dalam proses perubahan. Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan supaya kesadaran kaum perempuan akan urgensi kepemimpinan dapat dimaknai dengan sempurna. Pertama, Kaum perempuan harus diberikan pemahaman akan jati dirinya sebagai perempuan, bahwa keahdirannya di muka bumi bukan sebagai pelengkap untuk meramaikan hiruk pikuk peradaban dunia akan tetapi lebih kepada agar mereka juga dapat bermitra dengan kaum laki - laki. Kehadiran perempuan bukan hanya didalam kamar, dapur sumur dan kasur, akan tetapi lebih daripada itu.Kedua, jiwa perempuan harus dibangun self confidence, sering kita mendengar ketika kaum perempuan diberikan sebuah jabatan namun lebih memilih mengelak dengan alasan tidak mampu, padahal sebetulnya mampu, hanya saja kepercayaan dirinya yang membuat mereka tidak mau memikul kepercayaan tersebut. Ketiga, Kelimuan yang memadahi, semangat saja tidaklah cukup akan tetapi harus ditopang dengan keilmuan yang memadai, sehingga mereka tidak keluar dari kodratnya sebagai kaum wanita tanpa harus mengurung diri. Dengan keilmuan tersebut mereka juga akan lebih PD untuk terlibat dalam ranah publik. Penulis yakin kalau ketiga hal itu dimiliki oleh kaum perempuan maka mereka dapat melakukan sesuatu yang lebih ketimbang hanya urusan dapur, maksudnya adalah bukan berarti mengabaikan urusan dapur, akan tetapi mereka dapat melakukan yang lebih dari pada itu.

Aktualisasi Kaum Perempuan

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan kaum perempuan dalam urusan publik, diantaranya bersama - sama kaum laki - laki untuk melakukan penyadaran politik masyarakat, penyadaran ini penting untuk dilakukan sehingga masyarakat tidak lagi menjadi objek para elit - elit politik yang sampai saat ini lebih banyak politikus bermuka dua dan pandai bersandiwara, hal ini harus dilakukan dengan sistematis dan sungguh - sungguh. Problematika masyarakat tentang kesadaran politik bukan hanya tanggung jawab kaum laki - laki akan tetapi kaum wanitapun turut bertanggung jawab atas upaya - upaya kelompok tertentu untuk melakukan pembodohan politik masyarakat demi kekuasaannya. Proses penyadaran politik dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal diantaranya adalah pertama, melakukan pendidikan politik kepada masyarakat dengan dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Kedua, melakukan penyadaran kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban politik masyarakat, selain melakukan penyadaran kaum perempuan juga dapat mengaktualisasikan diri dalam mengontrol penguasa dan kepemimpinan, sehingga diharapkan kelompok controling akan lebih kuat karena mendapat dukungan dari kaum perempuan, terakhir kaum perempuan juga diharapkan untuk siap mengisi pembangunan kehidupan politik sesuai dengan peradaban yang lebih baik, jadi betul - betul dikawal dari awal sampai pada mobilitas vertikal sehingga tidak putus di tengah jalan. Dengan demikian iklim kehidupan politik dapat disketsa bukan saja oleh kaum laki - laki akan tetapi bekerjasama dengan kaum perempuan, sehingga keadaan yang lebih baik akan cepat tercapai. Ketika kaum perempuan sudah memiliki kesemua persyaratan yang harus dimiliki, maka kepemimpinan kaum perempuanpun sebuah keniscayaan bukan hanya angan - angan atau mimpi disiang bolong, tidak ada lagi kegagapan kaum perempuan dalam upaya perubahan melalui lembaga publik, dan disanalah nanti akan terlihat sampai sejauhmana kemampuan mereka dalam memimpin.http://www.menegpp.go.i

foto - fotoku


About Me

Aku lahir di sebuah desa kecil yang jauh dari keramain kota, tepatnya di desa Wanacala Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Kata orang tuaku sih, aku lahirnya jam 4 pagi hari minggu, tanggal 02 Mei 1981. Aku adalah anak pertama dari dua bersaudara, aku punya adik satu Hambali namanya. Sejak kecil aku suka jalan - jalan, kadang ke Sawah, ladang, pernah juga bepergian naik sepeda selam 10 jam... waktu itu sih ngga terlalu kerasa capainya, tapi ngga tahu kalau sekarang... pingsan kali ye...!. Usiaku kini sudah 25 tahun, ngga terasa memang waktu begitu cepat berlalu.

Riwayat Pendidikan

Umur 5 tahun aku masuk sekolah SD, tapi mungkin karena terlalu dini aku sering jatuh sakit, sehingga aku harus mengundurkan diri dan sempet keluar 1 tahun. Jarak sekolah dari rumahku sekitar3 KM. Seingatku dulu aku punya sahabat yang baik, dia sering nganterin aku pulang, kita juga sering tidur bareng. Aku sih tidak pintar - pintar banget dalam soal akademik, jujur saja aku tidak pernah mendapatkan nilai matematika 7 ke atas, paling banter 6. Cuma aku punya kelebihan dalam soal menulis, semasa SD aku dulu juara 1 lomba mengarang dan tulisanku paling bagus loh ... diantara temen - temenku, sehingga banyak temenku yang ingin bisa menulis sepertiku.

Lulus SD aku melanjutkan ke SMP Negeri 1 Jatibarang masih wilayah Brebes sih.., jarak sekolah dengan rumahku sektiar 7 KM, dan kalau berangkat aku naik sepeda.... wah....wah.. selama 3 tahun loh.....!! di SMP juga aku tidak pernah mendapatkan rengking seperti temen - temenku, tapi entah kenapa sejak dulu aku suka melamun dan bermimpi kelak suatu saat nanti aku menjadi orang sukses, aku sih ngga tahu sukses dibidang apa, tapi waktu itu aku yakin sekali, bahwa hidupku akan lebih baik dari temen - temenku yang cerdas itu. Di SMP aku juga punya temen akrab baru lagi, ada Oelistina, Imron Safari, Evi Hidayati, Arif Hendro Prawoto, Ahmad Ridwan Arifin, Kuntoro, mereka adalah temen - temenku semenjak kita ketemu dikelas Favorite yaitu di kelas 1E, konon dikelas inilah kumpulan para bintang sekolah.....dalam batinku sih... ngga merasa bahwa aku bintang, sebab sekali lagi aku tuh, lemah dalam urusan logic matematik Cuma aku teh ahli dalam mengumpulkan temen - temen. Sehingga di rumahku pasti selalu ramai, baik itu temen sekolah, temen di desa pokoknya rame deh..

Selesai SMP dengan predikat nilai biasa - biasa aja aku jadi bingung, bapaku sih nawarin aku ke Pesantres di Lirboyo Jawa timur, tapi aku ngga mau. Alasannya, aku waktu itu sih sederhana, "aku ngga mau jadi tukang tahlilan" karena waktu itu aku melihat setiap jebolan pesantren mesti cuma jadi tukang doa. akhirnya aku coba daftar ke STM Negeri di Slawi Ayu, tetangga kota, Cuma aku mikir kembali, aku tuh paling ngga suka yang namanya otak atik utawa soal hubungan perbengkelan, akhirnya aku Cuma daftar aja, karena waktu itu cukup lama, aku coba daftar ke SMA N 1 Brebes, disini aku terhambat dengan nilai NEM, wah.. inilah sistem pendidikan Indonesia yang zalim, masa iya manusia Cuma dinilai dari satu kecerdasan saja bukankah manusia memiliki 9 kecerdasan...? gagal di SMA N 1 aku coba naruh kertas NEMku ke SMA N 2 Brebes, untuk yang kedua kalinya aku terhambat lagi dengan nilai....beda tipis sih... Cuma beda koma. Berhentikah aku...? tidak, selesai dari kedua sekolah itu, aku langsung cabut ke SMA N 1 Larangan Brebes, wah kalau disini sih aku tenang - tenang aja, sebab aku yakin mesti keterima..

Akhirnya betul juga aku diterima di SMA ini, Cuma untuk di SMA aku terkenal anak bandel.... katanya sih..., sebetulnya masalahnya Cuma satu yaitu karena aku jarang masuk sekolah aja, entahlah dari dulu aku paling benci kalau belajar yang di dalam ruangan melulu, sehingga aku lebih suka bermain dengan temen - temen, kemana aja asal hati ini gembira. Di SMA aku tidak punya temen akrab seperti halnya waktu SD dan SMP, mungkin karena aku jarang masuk sekolah kali ye...? tapi pas kelas 3 aku dapat temen akrab baru, nama lengkapnya sih Robitotul Rizkiah biasa temen - temen manggil "Kiki", dia anak pindahan dari SMA N Slawi. Anaknya pintar,.... oh ya sebetulnya aku juga punya temen yang sering main bareng ada Eko Subejo, dia lucu anaknya, ada Aziz, Yeyen,Sugiarto, Sulistiowati, Dewi dan lain - lain.

Lulus SMA aku nambah bingung, aku sih inginya kerja sambil kuliah, tahun 1999 aku pergi ke Serang Banten, disini juga aku masuk disalah satu perguruan tinggi STMIK namanya, kepanjangan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, aku ambil jurusan Akuntansi komputer, tapi anehnya aku ambil jurusan yang aku benci waktu SMA. Di Kampus ini aku mulai belajar tentang organisasi, disini aku ikut Pecinta Alam, Korps Suka Rela, BEM, Keluarga Besar Akuntansi, KAMMI. Wah..pokoknya setiap organisasi mesti ada aku. Tapi dasar Karnoto, hobinya jalan - jalan aja..., dikampus juga aku tidak bisa menghilangkan kebiasaan lamaku, suka jalan - jalan. Tapi anehnya aku tuh merasa puas walaupun nilaiku yang jadi korban, tidak masalah bagiku, yang penting hatiku senang bebas dari tekanan.

Pengalaman Kerja

Untuk soal pekerjaan aku paling banyak, aku pernah kerja di sebuah perusahaan di Tangerang sebagai Staff Administrasi, pernah juga kerja sebagai guru komputer di SMA Nurul Islam Serang, Instruktur Komputer di Visiotech computer course, Marketing di Banten Multimedia, Marketing di Koperasi Ummat, selain itu aku juga diminta bantuan untuk temenku yang lagi usaha travel. Semenjak aku di Travel aku sering jalan - jalan ke luar kota dan tempat - tempat wisata. Dalam batinku ini cocok dengan hobiku, tapi aku ngga mau kalau harus jadi karayawan tetap. Alasannya, aku teh cepet bosanan, khawatir mengecewakan mendingan free lanh aja lah....!

Oh, ya aku juga belajar bisnis loh..., dulu sewaktu aku semester 1 aku buka rental dan kursus komputer loh, aku juga pernah jualan buku, jualan Es di Terminal, jualan pakaian dan sekarang lagi menekuni advertising. Usahaku ini dibidang avertising bergerak dalam bidang jasa melayani pembuatan Undangan, Spanduk, Kartu Nama, Banner, Plang, Brosur, Leaflet, PIN dan Sablon Kaos. mudah - mudahan aja ini usaha yang cocok buatku. minta doanya yah.. supaya aku jadi orang sukses dunia akhirat. amin....

Aktivitas Sekarang

Untuk keseharianku saat ini di Banten Student Training (BeST) dikasih jabatan yang keren sih... cuma ga digaji... Direktur Man...! "jabatan Direktur, gaji Kuli".he..hee..maklumlah lembaga non profit. Oh.. ya lupa pernah dapat ding.. dulu sekitar bulan September 2005 ada program dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga. lumayan sih budgetnya 18 juta. Selain di Best sekarang aku dan temen - temenku (Syauqi, Ade dan Andri) sedang merintis usaha jasa advertising namanya Trimitra Grafika.. bergerak dibidang jasa pembuatan Undangan, Plank, Kartu Nama, Banner, Sablon Kaos. Doain yah.. mudah - mudahan sukses.




panitia pesantren wisata 1426 h, di hotel mambruk anyer - banten.
(yoga,noto,ali,sayuti+istri,ijah,iroh,opi)

KENANGAN DI BADUY


Selasa, 21 Maret 2006 sekitar pukul 09.00 aku berangkat ke Baduy bersama - sama dengan Ican, Fahmi, Fadli dan Usamah dan ditambah 3 guru dari sekolah alam Jakarta. Awalnya aku biasa - biasa saja, karena sejak aku gaul dengan pa Arif pemilik jasa biro perjalanan aku jadi sering jalan - jalan. Dalam perjalanan kami diguyur hujan, untunglah kami menggunakan mobil pribadi sehingga tidak terlalu bermasalah. Sesampai di Ciboleger, desa perbatasan Baduy, kami turun bergegas shalat dan makan. Setelah itu kami semua turun, namun ketika mereka mengangkat tasnya masing - masing aku kaget dengan Ican seorang akhwat berkulit putih dan bermata sipit persis orang China, mungkin mirip abinya Anis Matta seorang ustad muda yang sekarang sekjen DPP PKS. Ican mengangkat ransel yang lumayan besar untuk ukuran anak seperti dia, ditambah tas kecil didepanya. Seketika itupula aku menawarkan jasa pada Ican, "Ican kuat bawa tas segede itu, jauh loh perjalanannya ", demikian ungkapku. Namun Ican tidak mau merepotkan orang lain, dia mambawanya sampai di atas. Sesampai di Baduy luar kami istirahat dan menginap disalah satu rumah penduduk Baduy luar, sebetulnya tujuan kami waktu itu Baduy dalam, namun karena bulan itu adalah bulan Kawalu, yaitu pengujung dilarang masuk, maka kami hanya di Baduy luar. Selama tiga hari bersama mereka aku banyak mendapatkan pelajaran dari mereka. Setiap mereka kumpul pasti mereka selalu ramai, Fahmi yang anaknya polos dan lucu selalu menjadi lawakan temen - temennya. Fahmai, Ican, Fadli dan Usamah adalah siswa kelas 2 SMP Sekolah Alam, yah. Kelas mereka cuma ada 4 anak dengan 2 guru pendamping tapi hebohnya luar biasa. Hubungan mereka dengan 2 orang gurunya sudah seperti keluarga. Yang bikin aku haru adalah mereka tidak pernah mengeluh walaupun perjalanan jauh dan harus membawa barang - barang lalu diguyur hujan lagi.

Ketika malam terakhir kami seperti biasa, makan bersama - sama dengan menu nasi, mie dan sarden. pas akhir makan, Bude (panggilan mereka terhadap guru wanita) berkata "kalau kemarin dicuci ama tuan rumah (orang baduy maksudnya) sekarang giliran kalian yang cuci piring dan gelas.", Fahmi dan Fadli nyeletuk "Bude katanya guru harus ngasih teladan, buktikan donk bude" diluar dugaanku, seketika itu Bude minta maaf "oh ya maafin Bude ye''(demikian jawab Bude) lalu bude bawa bekas piring tadi, seketika itu pula 4 anak itu langsung ngikut dibelakang Bude "sambil nawarin jasa untuk membantu Bude"

Sederhana memang ceritanya, tapi aku melihat disini ada kandungan makna yang dalam bagi perubahan sistem pendidikan dinegeri kita, yang selama ini memposisikan siswa selalu dibawah dan tidak boleh mengkritik sang guru, tapi di sekolah alam sungguh sangat lain, guru sebagaimana layaknya temen yang ketika dikritik oleh muridnya lalu mengakui kesalahannya dan segera memberikan contoh yang baik kepada siswanya, Subhanallah.

Ke empat anak itu rupanya berbeda daerah, Fahmi asli Padang, Fadli asli Balikpapan, Usamah asli Ambon, dan Ican asli Makasar. Aku dan mereka selalu berjalan bersama dan makan bersama, shalatpun bersama. Hari kedua pagi - pagi sekitar pukul 09.00 kami berangkat mengelilingi Baduy luar sampai keperbatasan antara Baduy luar dengan Baduy dalam, mereka tetap ceria walaupun selama perjalanan kami diguyur hujan, jalanpun licin. Bagiku Ican cukup membuatku haru, sebab beliau adalah murid perempuan satu-satunya di sekolah tersebut. yah.. tapi tidak menjadikan Ican manja dan malu. Dewasa dan lembut itulah Ican. lain lagi dengan Usamah, anak Ambon ini pandai berbicara di depan umum, susunan kata-katanya rapih dan jelas sekali apa yang dia ungkapkan. Sementara itu Fadli, anak Balikpapan yang sering nyerocos dan selalu menyindir temen - temennya, tapi dia baik anaknya, dan terakhir Fahmi anak yang lugu dan polos sering membuat kami semua tertawa karena tingkahnya itu. Bude, guru yang lincah dan selalu semangat dan tegas ama siswanya itu kadang - kadang juga dia harus berlagak anak - anak seperti siswanya membuat suasana makin seru, tak ketinggalan Pa Novi, beliau adalah salah sati personel Izis, tim nasyid yang udah terkenal. Kepemimpinan dan kebapaannya membuat anak - anak senang bersama beliau. mudah - mudahan kita bisa ketemu dan bercanda lagi seperti di Baduy.sekolah alam jakarta

musyawarah kerja nasional KAMMI Pusat di Villa Hidayatullah
Malang Jawa Timur

ANDAI KAMMI BISA NGOMONG

Sedikit banyak orang tahu tentang cerita ini, tapi tetap akan aku ceritakan setidaknya cerita ini sedikit memberikan nafas gerakan akan sebuah perjalanan dari sosok para aktivis KAMMI lebih khusus daerah Banten, dimana organ yang berlogo tangan kekar ini aku belajar akan arti sebuah kehidupan seorang muslim yang sesungguhnya. Harapanya adalah cerita ini bukan hanya sebagai cerita untuk meramaikan moment yang ditetapkan oleh para petinggi KAMDA Banten, bahwasanya bulan April 2006 adalah bulan menulis. Jujur saja, Ketika aku melihat dan membaca anjuran tersebut, fikirku adalah bahwa akan ada sebuah pencerahan perubahan gerakan dan metode aktivis “tangan kekar” ini. Dalam benakku suatu saat kalau budaya ini mampu dipertahankan dengan konsisten, maka setidaknya keahlian para penghuni organisasi ini bertambah satu point yaitu menulis selain pandai berbicara. Aku cukup apresiasif dengan progam ini, sebab aku sadari betul bahwa umur manusia itu terbatas, dengan keterbatasan itulah kita coba meninggalkan sesuatu yang bisa dinikmati olah generasi penerus, dan puing – puing peninggalan itu adalah tulisan karena memang mayoritas aktivis tidak memiliki harta warisan yang bisa kita sumbangkan ke KAMMI selain warisan ide dan gagasan. Walaupun memang saat ini kita belum mampu untuk menjadikan tulisan kita menjadi sebuah buku yang mampu menggerakan para pembacanya, tapi mudah – mudahan dilain waktu itu bisa terwujud, amin ya Allah. Loh.. kok jadi ngomong ngalor ngidul.. kapan ceritanya nih…he…he.. afwan juragan …!

Ok deh, aku coba sedikit cerita kenanganku bersama KAMMI, aku tidak tahu cerita ini menggelikan, menyedihkan, menggembirakan atau mengharukan, wallahu alam, aku sendiri tidak bisa menafsirkan cerita yang bakal aku ceritakan ini, tapi yang jelas selama 5 tahun bersama KAMMI aku punya kenangan sendiri dan banyak sebetulnya cuma mungkin satu – satu kali ye….
Sejak pandangan pertamaku dengan KAMMI aku dibuatnya bersimpuh dan jadi tak jemu memandangnya, ketika batin ini membutuhkan menu ruhiyah dengan lalaban dzikir dan do’a, maka aku pandangi kenanganku bersamanya ketika bersama – sama makan dalam satu nampan, seakan – akan kita adalah saudara kandung yang dilahirkan oleh satu rahim ibu . “ Ya Allah hati ini telah berhimpun dengan mahabbah kepadaMu, maka eratkanklah tali persaudaraan kami, janganlah Engkau hamburkan hati ini menjadi kepingan - kepingan jiwa yang rapuh sehingga membuat musuh kami tidak gentar dan kamipun tidak memiliki izzah, lalu dengan keadaan seperti itu kitapun akan binasa, janganlah Engkau jadikan kenangan ghonimah perang Badar terulang kembali”. Nampan merah jambu menjadi saksi akan ketulusan persaudaraan diantara kami, walaupun kami tidak tahu sampai kapan kita akan selalu makan dalam satu nampan, mungkin semua akan berakhir ketika diantara kami sudah memiliki tautan hati yang lain.

Aku tahu, nampan merah jambu itu masih ada dan akan selalu menyertai KAMMI sampai KAMMI ditelan bumi untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya dihadapan Allah aza wajalla, disanalah kita akan melihat kesungguhan dan keikhlasan kita dalam berjuang bersama KAMMI, tapi aku tidak tahu apakah nampan merah jambu itu masih sering diikutisertakan dan dihadirkan ditengah – tengah lingkaran ketika para jundullah ini hendak menunaikan kewajibannya untuk memenuhi kantong nasi supaya lebih energik dalam bergerak, wallahu’alam.

Dipenghujung kepengurusan tahun 2005 adalah masaku di KAMMI yang cukup menjadikan aku ngerti betul siapa itu KAMMI, ketika jundi yang setia denganmu menyatakan kesetiaanya setelah setianya mereka dengan Allah dan Rasulnya serta orang – orang beriman, ketika itu engkau nampak ceria dan penuh tawa, senyumanmu pun membuat orang yang melihat heran dan salut, kok bisa yah.. dalam kondisi ruang sekretariat yang gelap gulita bisa menebarkan senyuman. Yah..gelap memang, karena pihak PLN mensegel kilometer setelah 3 bulan belum memenuhi kewajibannya sebagai warga Negara yang baik, kalau saja bulan bisa ngomong ketika itu, pasti dia akan katakan kepada petugas PLN “ pa tolong jangan disegel listrik di rumah itu, mereka bukan tidak mau menjadi warga Negara yang baik, jusru mereka inilah yang harusnya diindungi oleh Negara karena perjuangannya yang tak kenal lelah untuk membawa negeri ini kearah perubahan yang lebih baik, mereka rela hujan-hujan di jalan dengan membawa kardus untuk meminta uluran tangan para pengguna jalan guna membantu saudara – saudara setanah air yang terkena bencana banjir, tanah longsor, mereka juga para pemuda dan pemudi yang taat agama, yang selalu membawa sinar kejujuran dan cahaya dalam batinnya, mereka juga yang dengan suara lantang berani menegur pemimpin yang zhalim di negeri ini, tolong pa, demi aku rembulan yang datang setiap malam”. Tapi sayang Allah belum menakdirkan bulan bisa ngomong dan baru Dia izinkan menjadi sebuah lirik lagu yang dinyanyikan oleh Doel Sumbang dan Nini Karlina. Seiring dengan waktu, dan akupun tahu bahwa Allah akan mempergilirkan setiap waktu, begitu juga untuk KAMMI.

Dunia ini silih berganti ada siang ada malam, ada perempuan ada laki – laki, atau tinggi ada pendek dan ada hidup ada mati. Demikian juga yang menimpamu. Wajah yang berseri – seri dan berbinar – binar berganti sedih dan murung karena engkau tak sehebat dulu, bukan karena keinginanmu tentunya, seandainya engkau bisa bicara mungkin akan engkau katakan “kenapa kalian bersikap demikian padaku, bukankah engkau pernah berjanji bahwa kalian akan setia denganku..?, bahkan kalian pernah katakan dalam ikrarmu ketika sudah resmi untuk seiya dan sekata…? sambil berjabat tangan denganku, engkau katakana dengan tanpa paksaan dan penuh kesungguhan, bahwa kalau ada 1000 orang yang berjuang dijalanMU maka salah satunya adalah aku, dan kalaupun hanya satu orang yang berjuang demi Islam denganmu maka pastikanlah bahwa itu adalah aku.” Lupakah kalian, ketika kalian melalui perantaraku kalian memperoleh hidayah dari Allah yang pada akhirnya kalian menjadi orang yang berharga dalam dunia ini..? atau kalian juga lupa, dimana kalian pernah katakan bahwa KAMMI tidak memiliki apa – apa selain ukhuwah. Aku tidak menghalangi kalian untuk meninggalkan aku, selama kalian berpegang teguh dengan dakwah dan jamaah, karena aku juga menyadari bahwa kalian lebih dibutuhkan oleh yang lain ketimbang aku, sayang engkau tak bisa bicara, tapi nurani dan cahayamu mampu menembus hati para aktivisnya.

KAMMI ………! engkau telah menghantarkan aku kedalam kumpulan orang – orang yang Insya Allah sholeh dan sholehah, engkau juga telah melatihku untuk senantiasa bergetar ketika mendengarkan asma Allah ketika dilantunkan. Kebersamaanmu denganku selama 5 tahun banyak memberikan pelajaran arti sebuah kehidupan. Engkau pula yang melatih bibir ini untuk senantiasa dibasahi dengand dzikir dan engkau juga yang selalu mengingatkan diri ini agar jangan melupakan Allah dalam keadaan suka dan duka. Mudah –mudahan engkau tetap berdiri bah karang yang tetap berdiri walaupun hantaman gelombang terus memaksamu untuk meninggalkan agar jati dirimu sebagai sebuah organisasi dakwah dan pergerakannya melemah, tapi engkau tetap teguh memegang prinsip bahwa tidak ada jalan lain yang akan menyelematkan diri kita semua selain jalan dakwah, janganlah engkau ikuti bisikan setan dan iblis karena kesombongannya dia dikeluarkan dari kenikmatan syurga, karena sesungguhnya iblis adalah musuhmu yang nyata, maka perlakukanlah dia sebagaimana engkau memperlakukan seorang musuh, jangalah engkau tenggelam mengikuti tenggelamnya matahari ketika sore telah tiba dan akan muncul kembali keesokan harinya, jadilah engkau seperti air yang mengalir yang akan mencari celah sekecil apapun celah itu, pancarkanlah sinarmu selalu seperti sinarnya rembulan yang membuat setiap mata memandang tidak mau mengedipkan matanya karena keindahan dan kelembutan sinarmu, dengan sinarmu pula menjadikan setiap orang penasaran dan ingin mendekat kepadamu, jangan kenal kata henti sampai tidak ada satu orangpun yang melihat engkau tenggelam.click in here www.kammi.or.id

KADO UNTUK MUROBBI


Tulisan ini merupakan sebagian ringkasan dari pengajian rutin mingguan yang aku ikuti dengan Ust. Yayat Suhartono,Drs. Setidaknya mengingatkan diri ini akan maknawiyah sebuah halaqoh tarbiyah, bahwasanya aktivitas tersebut bukanlah aktivitas rutiniyah saja, akan tetapi lebih daripada itu bagaimana tarbiyah islamiyah ini mampu membuat kita tergerak untuk berapresiasi sesuai dengan kapasitas kita sebagaimana apresiasinya Ummar bin Khatab terhadap Al Qur’an

KARAKTER HALAQOH (Muwashofat Halaqoh)

Rabu, 28 Juli 2004
Halaqoh tidak akan mampu memberikan sumbangsih apa – apa selain ulasan materi, hal ini terjadi manakala halaqoh hanya sebatas rutinitas saja. Padahala fungsi yang sesungguhnya halaqoh bukanlah seperti itu, akan tetapi lebih jauh daripada itu,yakni bagaimana halaqoh mampu meledakan potensi dari peserta halaqoh. Untuk itu halaqoh haruslah memenuhi beberapa variabel, dimana dengan variabel tersebut halaqoh mampu menjalankan sebagaiman fungsi yang sesungguhnya.

Kejenuhan dalam berhalaqoh disebabkan karena halaqoh tersebut tidak memiliki karakter halaqoh itu sendiri, sehingga dinamika halaqoh mengalami kejumudan (primitive). Supaya halaqoh kita memiliki dinamika tersendiri serta produktif, maka, haruslah memiliki tiga karakter. Ketiga karakter tersebut adalah ;

1. Aruhiyah (Ruh)

Amunisi ini penting mengingat setiap pergerakan yang kita lakukan tidak akan mampu kita maknai manakala kondisi ruhiyah kita kering apalai sampai rapuh dimakan oleh godaan dunia. Dengan ruhiyah inipula seseorang mampu melewati setiap ujian yang ada di depan kita. Dengan ruhiyah pula seseorang akan mampu menikmati hari – hari dengan kesibukan berdakwah.

Lalu bagaimana agar kondisi ruhiyah terjaga..? ada tiga hal yang mesti tertanam dalam hati para aktivis dakwah, pertama Al Aqidatul Imanniyah (Akidah Keimanan) yang mantap. Kenapa akidah ini begitu penting, karena memang inilah pondasi seseorang dalam mengawali setiap aktivitasnya. Kita tentu ingat perjalanan para nabi mulai dari nabi Adam sampai nabi Muhammad Saw, mereka berjuang untuk membebasakan manusia dari menduakan Allah SWT menuju kesatuan akidah yang utuh. Kedua Al A’daqotul Al Qolbiyah (Ikatan Hati), untuk menuju ruhiyah yang mantap, maka kita harus mengikatkan hati ini dengan Allah SWT, sebab Dial ah yang sesungguhnya memiliki hati kita dan dengan hati ini pula kita akan menemukan ketentraman batin dan ketengan jiwa. Ketiga, Al Ma’nawiyah Wal Khuluqiyah (Membangun Moralitas), di tengah – tengah kondisi saat ini, dimana moralitas seseorang sangat menjadi taruhan akan arti sebuah kehidupan. Mampukah seseorang tersebut menjaga imun dirinya dalam menghadapi tantangan dan godaan dunia. Usaha untuk terus selalu memperbaharui diri kita adalah sebuah keharusan.

2. Al Fikriyah (Ilmu)

Selain halaqoh harus mengandung unsure ruhiyah, halaqoh juga harus mengandung unsure Ilmu agar apa – apa yang kita sampaikan dan kita diskusikan bukan hanya sekedar omong kosong tanpa adanya fakta dan data secara ilmiah. Ciri sebuah halaqoh mengandung unsure ilmu adalah, pertama Al I’lmiyatu Watsaqofah, halaqoh bisa dikatakan mengandung unsure ilmu manakala didalamnya ada suasana ilmiah, ciri ilmiah adalah objektif dan berdasarkan fakta. Kedua adalah Anadhoriyah, ini merupakan kemampuan analisis seorang kader tarbiyah dalam setiap dinamika social politik yang terjadi. Ketiga Al Minhajiyah (memahami minhaj), arah dan platform seperti apakah gerakan kita, itu haruslah dipahami betul para kader tarbiyah, sehingga para kader tidak mengalami kebingungan dalam melakukan maneuver gerakan sesuai dengan kondisi yang ada. Keempat Al Ijtima’iyah (bersosial), ajaran Islam bukanlah ajaran eksklusif yang hanya berlaku untuk satu kaum saja, akan tetapi Islam dilahirkan untuk semua ummat manusia. Dakwah tidak akan mengena jika kita tidak pernah bersosial atau mengurung diri apalagi sampai mengisolasi dari dinamika yang ada.Kelima Al Faniyah (berekonomi), perjuangan pasti membutuhkan pengorbanan dan salah satu pengorbanan tersebut adalah ekonomi. Bahkan di era sekarang ini kaum kafir dan musuh – musuh Islam menjajah ummat Islam dengan ekonomi, maka dari itu sudah semestinya seorang aktivis dakwah haruslah berusaha untuk bisa memenuhi kebutuhan ekonomi sendiri, sehingga tidak perlu menengadahkan tangan untuk meminta – minta.

3. Ad Dakwah

Ada tiga muatan dakwah yakni, Al Harokah (pergerakan/dinamis), Al Jihadiyah (semangat jihad) dan Al Jundiyah (ketaatan). Sebagaimana kita ketahui bahwa dinamika dakwah akan selalu berubah – rubah tidak statis, oleh karena itu seorang aktivis dakwahpun harus mampu menjawab perubahan tersebut, sehingga dakwah yang kita lakukanpun akan menjadi alternative bagi ummat karena mampu berbicara dengan bahasa saat yang dibutuhkan.

Itulah karakter halaqoh yang harus dipenuhi supaya aktivitas halaqoh yang kita lakukan tidak semata – mata menggugurkan kewajiban sebagai seorang kader tarbiyah, akan tetapi kita mampu memaknai arti halaqoh yang sesungguhnya. Dengan demikian halaqoh kita akan senantiasa dinamis dan kreatif.

Jika ketiga karakter itu terpenuhi maka halaqoh akan mampu melaksanakan fungsinya, yaitu ;

  • At Tarbawiyah, maksudnya adalah mampu mengkondisikan orang
  • Al Harokiyah (Bergerak/dinamis)
  • Atandzimiyah (Mengorganisir)
  • Al Fanatodiyah (Berpengasilan)

KARAKTER DA’I (Muwaqi Adda’iyah)

16 Januari 2006
Pada hakikatnya semua para aktivis dakwah adalah da’I, hanya saja tingkat kapabilitasnya dan kecondongannya yang berbeda – beda, ada yang lebih menonjol pada da’I dari sisi seorang politisi, ada juga yang lebih menonjol dari sisi seorang da’I pada bagian bisnisnya, aktivis lsm, tokoh pemuda, tokoh wanita, tokoh remaja dan lain sebagainya, yang pada intinya semua potensi yang mereka miliki mampu disalurkan untuk kepentingan dakwah dan islam. Mengingat vitalnya posisi seorang da’I maka hendaknya bagi para da’I maupun calon da’I mampu membekali dirinya dengan beberapa hal, sehingga apa yang disampaikannya bukan basa basi tanpa sarat makna apalagi sampai pesannya tidak berbobot, ini jangan sampai terjadi, sebab kalau sampai hal demikian terjadi maka proses pengajian kita akan hambar.
  • Upaya pembekalan bagi seorang da’I adalah sebuah keniscayaan, sebab bagaimana mungkin kita akan mampu memberikan ruhiyah sementara pada diri kita sendiri tidak memiliki ruhiyah tersebut, sebagaimana sering kita dengar bahwa kita tak pernah bisa memberikan sesuatu jika kita sendiri tidak memiliki sesuatau itu. Setidaknya ada 7 hal harus dimiliki oleh seorang da’I agar menjadi da’I yang produktif.

  • Robbaniyatul Sahsiyah (Dekat dengan Allah)

Ingat bahwa pekerjaan da’I adalah sebagai perantara Allah untuk menyampaikan sesuatu yang memang mesti harus disampaikan kepada ummat, yaitu menerangkan atau menyampaikan sesuatu yang diperintahkan oleh Allah dan menyampaikan pula sesuatu larangan Allah. Logikanya adalah mana mungkin seseorang ajudan akan mampu melaksanakan amanah dari atasannya kalau diantara keduanya tidak ada kedekatan, kedekatan disini bukan saja secara fisik akan tetapi lebih daripada itu, yaitu keterikatan emosional dan penyatuan jiwa keduanya. Begitu juga seorang da’I, bagaimana mungkin dia akan mampu menyampaikan pesan dari Allah dengan sempurna sementara da’I sendiri berjauhan denganNya, sekali lagi bukan semata – mata kedekatan fisik akan tetapi lebih daripada itu. Bahkan hubungan antara da’I dengan Allah bukan lagi sebuah ketakutan akan tetapi sudah lebih pada tahap saking cintanya da’I kepada Allah, sehingga da’I akan selalu ingat kepada Allah aza wajalla dan ingin selalu didekatNya. Hari –hari mereka dipenuhi dengan aktivitas yang mengarah kedekatannya dengan Allah SWT. Kedekatan ini pula yang akan membawa perkataan seorang da’I penuh makna dan berbobot.

  • Ayujabiyatul Arruhiyah (Positif Thinking terhadap Allah)

Umumnya seseorang akan merasa puas dan memuji manakala seseorang itu telah diberikan sesuatu yang selama ini diimpi-impikannya, namun akan membuat logika negative ketika cita – cita tidak terkabulkan. Disanalah sebetulnya kita akan diuji perjuangan kita yang sesungguhnya, betulkah selama ini perjuangan yang dilakukannya hanya untuk Allah dan betulkan kita cinta kepada Allah aza wajallah..?

  • Akhlakiyatu Syar’I

Ketika dakwah sudah mulai merambah diwilayah yang dahulu kita “cuekin” yaitu wilayah siyasah, maka ketika itu pula ujian dan fitnah akan semakin deras. Godaan ghonimah akan semakin menyilaukan mata pada para da’I, maka dari itu setiap da’I dalam menggunakan prasarana ummat hendaknya tetap memperhatikan hukum – hukum syar’I, sehingga pacuan gerakan seorang da’I tidak keluar dari arena pacuan yang akan membuat diri ini dikuasai oleh nafsu yang liar dan tidak terkendali yang nantinya bukan saja merugikan da’I sendiri akan tetapi merugikan dakwah dan ummat.

  • Waaqiyahul Muamalah (Realistis dalam bermuamalah)

Keinginan yang menggebu – gebu bahwa dakwah ini haru segera meningkat dan diperluas terkadang kita sering lupa akan kemampuan kita sendiri, kondisi inilah yang sering membuat “kelelehan” para aktivis sehingga ada istilah cuti dakwah untuk sementara. Kita tidak dapat membayangkan kondisi ummat akan seperti apa, manakala para pembawa cahaya ini mengambil cuti karena ada suatu urusan. Untuk menghindari kondisi itu maka kita tetap memperhatikan kondisi realitas kita saat ini sambil terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan dakwah.

  • Wasitiyatul Ikhtiar (Moderat dan Ikhtiar)

Pesan dakwah ini harus tersampaikan kepada ummat, lalu bagaimana supaya pesan tersebut sampai kepada yang berhak..? Moderat dan tetap ikhtiar itulah yang bisa kita lakukan. “gunakanlah bahasa dakwah sesuai dengan bahasa kaumnya” sehingga obyek betul – betul ngerti dan faham tentang apa yang kita sampaikan. Kekakuan dalam berdakwah akan membuat dakwah ini dianggap usang dan primitf oleh ummat, disinilah dibutuhkan kreatifitas para da’I bagaimana mengemas mulai dari gaya bahasa sampai kepada bentuk penampilan tanpa mengindahkan hokum – hokum syar’i.

  • Syuriyatul Amwar (Musyawarah dalam segala urusan)

Lakukanlah musyawarah setiap melakukan aktivitas dakwah sehingga hasilnya juga bisa dipertanggungjawabkan secara bersama – sama, dan tidak ada yang bisa disalahkan secara individu ketika proses pengambilan kebijakan melalui musyawarah.

  • Jizyahul Harokah (bersungguh – sungguh dalam gerakan)

Hasil yang akan kita peroleh dari setiap amal kita adalah begantung kepada kesungguhan kita melakukan amal tersebut. Jangan sekali – kalai kita ragu dengan jalan pilihan hidup kita sebagai seorang da’I dalam kondisi apapun dan sesulit apapun. Teguh dan konsistenlah untuk tetap menjadi seorang da’I, karena dengan konsistensi itulah maka akan tertanam dalam diri kita yaitu keberanian, optimisme dan ketentraman batin.

Ketujuh hal itulah yang akan membuat kita menjadi seorang da’I yang produktif (Ada’iyatul Mumtijah).